GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

BI temukan uang palsu di Bangka Belitung

BI temukan uang palsu di Bangka Belitung

Merdeka > Peristiwa BI temuk…

BI temukan uang palsu di Bangka Belitung

Merdeka > Peristiwa BI temukan uang palsu di Bangka Belitung Senin, 16 Juli 2018 07:47 Reporter : Fikri Faqih Ilustrasi uang. ©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/club4Traveler

Merdeka.com - Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung menemukan 33 lembar uang palsu yang beredar di daerah itu selama periode Januari hingga April 2018.

BERITA TERKAIT
  • BI sebut tidak ada uang palsu yang ditemukan sela ma periode Lebaran 2018
  • BI belum terima laporan peredaran uang palsu selama Ramadan 2018
  • Jasa tukar uang di pinggir jalan menjamur, BI minta waspadai terima Rupiah palsu

"Jumlah uang palsu yang kita temukan di Babel relatif rendah di banding provinsi lainnya. Jumlah tersebut sama dengan tahun lalu pada periode yang sama juga," kata Kepala BI Perwakilan Babel, Tantan Heroika seperti dilansir dari Antara, Senin (16/7).

Ke-33 lembar uang palsu tersebut terdiri atas pecahan Rp 100 ribu 18 lembar, Rp 50 ribu 14 lembar dan Rp 20 ribu hanya satu lembar. Uang tersebut berasal dari laporan masyarakat yang diterima perbankan.

"Dari masyarakat perbankan menerima uang palsu itu. Setelah di catat nomor serie dan identitas pengguna uang palsu tersebut, perbankan melaporkan ke BI dan uang tersebut diracik atau dihancurkan oleh BI," jelasnya.

Menurut Tantan, temuan uang palsu tersebut dicatat secara rinci aga r aparat kepolisian mudah melacak jaringan peredaran uang tersebut. Jika masih satu atau dua yang beredar di wilayah belum dikhawatirkan, beda jika lebih 10 lembar tentu akan ditindak.

Perlu teknologi luar biasa meniru uang asli karena uang asli atau palsu dapat juga dibedakan oleh penderita tuna netra. Masyarakat yang tidak berkemampuan melihat bisa membedakan pecahan uang.

"Bank Indonesia terus memperbarui emisi uang buat mengantisipasi lonjakan uang palsu. Terutama, ciri-ciri keaslian yang diperbarui secara canggih dan tidak mudah dipalsukan," tutupnya. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Uang Palsu
  2. Bank Indonesia
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini
  • MK terima 67 permohonan sengketa Pilkada Serentak 2018

  • Jokowi minta masyarakat tetap jaga kerukunan meski beda pilihan saat pilkada

  • Bawaslu audit sumbangan kampanye Pilgub Jabar, banyak sumber tak jelas

Rekomendasi

Sumber: Berita Babel

Tidak ada komentar