www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kantor Bahasa Babel Gelar Desiminasi Pengayaan Kosakata ...

Posted by On 03.31

Kantor Bahasa Babel Gelar Desiminasi Pengayaan Kosakata ...

Kantor Bahasa Babel Gelar Desiminasi Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung menggelar Desiminasi Program Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia

Kantor Bahasa Babel Gelar Desiminasi Pengayaan Kosakata Bahasa IndonesiaBangka Pos/ Ardhina Trisila SaktiKementrian Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung menggelar Desiminasi Program Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia Rabu (5/4) di Santika Hotel Bangka

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

POSBELITUNG.CO-- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Bahasa Kepu lauan Bangka Belitung menggelar Desiminasi Program Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia, Rabu (5/4) di Santika Hotel Bangka.

Acara ini dihadiri puluhan peserta dari kalangan akademisi, mahasiswa dan pekerja media cetak dan elektronik.

Sebagai pemateri pertama, sejarawan Bangka Balitung, Akhmad Elvian mengkritik salah satu kosa kata Indonesia yang bisa diakses melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaring (KBBI daring).

Ia mencontohkan kata hoax dari bahasa asing yang berarti berita palsu diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi hoaks.

"Jadi Hoax ini diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi Hoaks belakang katanya tinggal diganti pakai 'ks'. Kenapa kita menyerap bahasa asing namun tidak menyerap bahasa daerah menjadi bahasa Indonesia?," ujar Akhmad Elvian.

Menurutnya pengembangan kosa kata bahasa Indonesia masih lamban dibandingkan dengan bahasa asing. Dikatakan Akhmad Elvian sebenarnya bahasa indonesia dapat diserap dari bah asa melayu dan bahasa daerah.

"Misalnya kata Apik, kalau orang Jawa sering kita dengar 'Piye kabare? Gimana kabarnya?', dijawab Apik yang artinya baik. Kata Apik ini juga sudah ada di KBBI. Di Bangka juga kita juga kenal kata "ngerapik" bisa saja diartikan tidak baik. Namun sayangnya saya belum menemukan ada kosa kata dari bahasa melayu Bangka," tutup Akhmad Elvian.

Penulis: Ardhina Trisila Sakti Editor: khamelia Sumber: Bangka Pos Ikuti kami di Uang untuk Menebus Obat Ibu Dipungli Oknum Polisi, Lihat Reaksinya saat Minta Dikembalikan Sumber: Google News | Berita 24 Babel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »