www.AlvinAdam.com
Kirim Berita Babel: Klik Disini | Konfirmasi Berita Babel: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Fakta! Lada dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Terbaik di ...

Posted by On 12.15

Fakta! Lada dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Terbaik di ...

Petani memperlihatkan biji lada putih di Pulau Lepar, Bangka Selatan, Babel, Rabu (12/11). Masyarakat pulau yang terletak di antara Bangka dan Belitung itu membudidayakan lada, karet, kelapa sawit dan tanaman tahunan lain untuk tambahan pendapatan selain pekerjaan utama sebagai nelayan. (ANTARA FOTO/Joko Sulistyo/Rei/Spt/14)

INFONAWACITA.COM â€" Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Republik Indonesia (RI) menyebutkan mutu lada putih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbaik di dunia, sehingga perlu didorong guna meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani di daerah itu.

“Dari segi mutu lada Ba bel terbaik dan ini yang dicari-cari pasar dunia,” kata Ketua Pokja Pangan, Industri Pertanian dan Kehutanan KEIN-RI, Benny Pasaribu saat berkunjung di Pangkalpinang, Jumat (20/4/2018).

Ia mengatakan kunjungan KEIN-RI ke Bangka Belitung untuk membantu mengembalikan kejayaan lada putih yang telah memiliki brand “Muntok White Pepper” di pasar dunia.

Baca Juga: Babel Jadi Pusat Lada Dunia, Kementerian Pertanian Akan Lakukan Hal Ini

“Kami berharap pemasaran lada putih petani tidak berdasarkan mekanisme pasar. Untuk itu, pemerintah perlu membimbing petani dalam memasarkan hasil panen ladanya,” katanya.

Menurut Benny menanam lada putih di daerah ini sudah menjadi warisan budaya dari nenek moyang, sehingga perlu didorong melalui pembinaan, bantuan bibit, pupuk berkualitas hingga pemasaran komoditas ini, agar masyarakat terus bersemangat mengembangkan pertanian ladanya.

“Kunjungan ini untuk menindaklanjuti apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo , untuk menyusun road map industrialisasi sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah ini,” ujarnya.

Baca Juga: 30 Persen Petani Lada di Bangka Tidak Gunakan Pupuk Kimia

Komoditas Unggulan

Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan menyambut baik dan bersyukur atas kunjungan KEIN-RI untuk melihat langsung perkebunan dan pengelolaan lada putih sekaligus kendala petani dalam mengembangkan usaha perkebunan komoditas unggulan daerah ini.

“Saya senang dan berbangga KEIN bisa datang kesini dan diharapkan ada suatu kebijakan pemerintah pusat dalam mengembalikan kejayaan lada putih petani di daerah ini,” katanya.

Baca Juga: Petani Lada Bangka Tengah Didorong Tingkatkan Kualitas

Ia mengatakan keunggulan lada putih daerah ini, karena memiliki tingkat kepedasan 6 hingga 7 persen yang berbeda dengan Provinsi maupun negara lain.

“Lada kita ini memiliki tingkat kepedasan yang tinggi berbeda dengan Kalimantan, Makas ar dan Vietnam yang hanya 2,9 hingga 3 persen, sedangkan kita memiliki tingkat kepedasan sampai 6 hingga 7 persen,” ujarnya. (ANT/HG)

Sumber: Google News | Berita 24 Babel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »