www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

90 Titik Panas Ditemukan Di Indonesia Dalam 24 Jam Terakhir

Posted by On 09.23

90 Titik Panas Ditemukan Di Indonesia Dalam 24 Jam Terakhir

Kebakaran Hutan dan Lahan

90 Titik Panas Ditemukan Di Indonesia Dalam 24 Jam Terakhir

Sejauh ini menurutnya, BNPB masih menyiapkan dukungan pesawat untuk hujan buatan dan helikopter water bombing

90 Titik Panas Ditemukan Di Indonesia Dalam 24 Jam TerakhirDokumentasi BNPBAsap tebal yang mengepul menandakan adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) (Dok. BNPB)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berdasarkan pantauan titik panas (hotspot) yang menandakan adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dalam 24 jam terakhir, terdapat 90 hotspot yang tersebar di Indon esia.

Hasil tersebut berdasarkan pantauan melalui satelit Aqua, Terra, SNNP pada catalog modis LAPAN pada Rabu (21/2/2018) pukul 07:23 WIB dengan kategori sedang, di kisaran angka 30 hingga 79 persen dan tinggi atay lebih dari 80 persen.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, untuk kategori sedang ada 78 hotspot, yaitu:

Papua Barat sebanyak dua titik, Kalimantan Barat 23 titik, Kepulauan Riau empat titik, Kalimantan Tengah 12 titik, Jawa Barat 14 titik, Jawa Timur dua titik, Jawa Tengah tiga titik, Papua empat titik, Maluku dua titik, Kepualauan Bangka Belitung satu titik, Riau sembilan titik, Maluku Utara satu titik dan Sumatera Selatan satu titik.

Sedangkan, kategori tinggi yaitu benar-benar sedang terbakar ada 12 hotspot yang tersebar di Kalimantan Barat lima titik, Kepulauan Riau dua titik, Kalimantan Tengah tiga titik, Kepulauan Bangka Belitung satu titik dan Riau satu titik.

"Jumlah titik panas (hotspot ) terus meningkat. Dalam seminggu terakhir hotspot di Kalimantan Barat banyak ditemukan. Bahkan Kota Pontianak terselimuti asap karhuta," ujar Sutopo kepada wartawan.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka dilakukan operasi darat, operasi udara, operasi penegakan hukum, operasi patroli dan sosialisasi, operasi pelayanan kesehatan dan berbagai upaya lain.

Personil gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Manggala Agni, Damkar, Satpol PP, masyarakat peduli api, dunia usaha dan relawan dikerahkan untuk mengatasi karhutla.

Sejauh ini menurutnya, BNPB masih menyiapkan dukungan pesawat untuk hujan buatan dan helikopter water bombing.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Srihandriatmo Malau Editor: Imanuel Nicolas Manafe Ikuti kami di Video Pegawai BPJS Istri Polisi Digerebek Berduaan di Hotel Bersama Driver Taksi Online S umber: Google News | Berita 24 Babel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »