www.AlvinAdam.com

Berita 24 Bangka Belitung

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kisah Mayor Belanda Ini Tewas di Indonesia karena Terkena ...

Posted by On 17.33

Kisah Mayor Belanda Ini Tewas di Indonesia karena Terkena ...

Kisah Mayor Belanda Ini Tewas di Indonesia karena Terkena Kutukan Akibat Memotong Rambut Keramat

Kurangnya kepedulian masyarakat terlihat dari kondisi kuburan yang mulai ditutupi tanaman liar.

Kisah Mayor Belanda Ini Tewas di Indonesia karena Terkena Kutukan Akibat Memotong Rambut Keramatkompas.com/heru dahnurSejarawan Pangkal Pinang Akhmad Elvian saat memotret kuburan Mayor DW Becking

TRIBUN-BALI.COM - Sebuah kuburan Belanda yang telah berumur 167 tahun masih berdiri kokoh di tengah-tengah pemukiman masyarakat Desa Sungai Selan, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

Kuburan yang dibangun berbentuk tugu, berlapis keramik, dibangun pada tahun 1851 untuk mengena ng komandan infantri Belanda, Mayor DW Becking.

Sejarawan Pangkal Pinang, Akhmad Elvian mengisahkan, Mayor DW Becking merupakan salah satu perwira yang dianggap berjasa oleh pemerintahan kolonial dalam memadamkan pemberontakan Depati Bahrin.

Depati Bahrin terkenal dan memiliki ilmu kebatinan, Batin Tikal berhasil ditangkap yang kemudian diasingkan hingga wafat di Benteng Amsterdam Manado.

Pada masa kontemporer ini, Benteng Amsterdam telah dibongkar dan berganti dengan bangunan pusat perbelanjaan.

“Kematian Mayor DW Becking dikaitkan dengan adanya kutukan karena telah memotong rambut Batin Tikal yang dianggap keramat,” kata Akhmad Elvian saat peninjauan ke Sungai Selan, Minggu (28/1/2018).

Akhmad mengungkapkan, masyarakat setempat menyebut Mayor DW Becking meninggal karena tersambar petir setelah memotong rambut Batin Tikal.

Sementara sumber Belanda menyebut perwira mereka meninggal karena sakit demam.

“Istilahnya demam Bangka,† ujar Akhmad.

Atas pengorbanan yang telah dilakukan, pemerintah Belanda menganugerahi Mayor DW Becking dengan tanda jasa Der Wilhelm Orde.

Halaman selanjutnya 123
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari Sumber: Bangka Pos Ikuti kami di Aksi tak Lazim Pembantu di Medan saat Terpergok Mencuri di Kamar Majikan Sumber: Google News | Berita 24 Babel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »