www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Babel Tempati Urutan ke Empat Tertinggi Jumlah Pernikahan Dini

Posted by On 14.10

Babel Tempati Urutan ke Empat Tertinggi Jumlah Pernikahan Dini

Babel Tempati Urutan ke Empat Tertinggi Jumlah Pernikahan Dini

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menempati urutan ke empat tertinggi di Indonesia untuk kasus pernikahan dini

Babel Tempati Urutan ke Empat Tertinggi Jumlah Pernikahan DiniBangka Pos / NurhayatiAsisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Babel Haryoso didampingi Wakil Bupati Bangka Rustamsyah saat pencanangan bulan bakti Ikatan Bidan Indonesia ( IBI) KB kesehatan dan bulan aksi PLKB tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (24/1/2018) di Lingkungan Nelayan 1 Sungailiat.

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menempati urutan ke empat tertinggi di Indonesia untuk kasus pernikahan dini atau pernikahan di bawah umur.

Namun sayangnya data ini, bukan data terbaru tetapi hasil kajian pernikahan dini pada beberapa provinsi di Indonesia oleh BKKBN pusat pada tahun 2012.

Data tersebut disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Babel Haryoso saat pencanangan bulan bakti Ikatan Bidan Indonesia ( IBI) KB kesehatan dan bulan aksi PLKB tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (24/1/2018) di Lingkungan Nelayan 1 Sungailiat.

"Kondisi ini sangat memprihatinkan kami. Segala upaya akan kami lakukan agar kasus pernikahan di bawah umur ini dapat ditekan sekecil mungkin karena anak remaja adalah masa depan kami, masa depan provinsi ini sekaligus masa depan negara," ungkap Haryoso.

Untuk mengatasi pernikahan dini tersebut rencananya pemerintah menyasar para remaja dengan mengelar kegiatan Kemah Konselor Sebaya Tingkat Nasional di Babel pada tanggal 8 hingga 11 Mei 2018 nanti dan jambore ajang kreatifitas tingkat nasional yang merupakan kegiatan Direktorat Bina Ketahanan Remaja BKKBN yang nanti sejalan dengan peringatan hari ibu.

Wakil Bupati Bangka Rustamsyah mengatakan bakti sosial ini sebagai bentuk aksi nyata sinergitas stake holder baik IBI, PLKB, BKKBN, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan TNI/Polri dalam rangka menciptakan ketahanan keluarga.

"Pemkab Bangka berterima kasih adanya bakti sosial pelayanan KB, kanker serviks dan lainnya. Terima kasih kepada IBI yang menerjun 80 bidan dan satu dokter spesialis bedah terlibat dalam kegiatan ini," kata Rustamsyah.

Dia mengingatkan agar keluarga bisa menjaga jarak kelahiran anak sehingga kondisi ibu dan anak juga menjadi lebih sehat. Menurutnya tidak ada keluarga yang sejahtera jika punya anak banyak.

"Ibu-ibu ngurus anak terus yang ngurus suaminya nanti siapa pacak orang lain yang ngurus. Kalau umur 35 sebaiknya dak ngurus anak lagi ngurus suami. Ni lah umur 50 masih ngendong anak," ungkap Rustamsyah.

Untuk itu menurutnya perlu peran serta aktif baik bidan maupun penyuluh KB agar adanya pelayanan serentak yang terpadu dan terprogram guna mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.(*)

Penulis: nurhayati Editor: zulkodri Sumber: bangkapos.com Ikuti kami di Pasien Cantik Nangis-nangis Diduga Dilecehkan Pegawai RS, "Ngaku Apa yang Kamu Perbuat" Sumber: Google News | Berita 24 Babel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »