www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Angka Kematian Ibu di Indonesia Masih Tinggi

Posted by On 14.10

Angka Kematian Ibu di Indonesia Masih Tinggi

Angka Kematian Ibu di Indonesia Masih Tinggi

Angka kematian ibu di Indonesia masih tinggi sekitar 15.000 orang saat melahirkan.

Angka Kematian Ibu di Indonesia Masih TinggiBangka Pos / NordinPemukulan gong tanda peresmian Pencanangan Bulan Bakti Ikatan Bidan Indonesia (IBI) KB Kesehatan dan Bulan Aksi PLKB Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Nelayan 1 Sungaliat Kabupaten Bangka, Rabu (24/1)

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Dwi Lisyawardani mengatakan bahwa angka kematian ibu di Indonesia masih tinggi sekitar 15.000 orang saat melahirkan.

Untuk mengatasi tingginya angka kematian ibu ini pentingnya menjaga kesehatan ibu dan anak saat masa kehamilan.

"Wakil bupati menyampaikan jangan lagi punya anak di atas 35 tahun. Jadi ada empat terlalu, jangan terlalu muda saat hamil, jangan terlalu tua saat hamil, jangan terlalu rapat jarak anak kurang tiga tahun dan jangan terlalu banyak anak," jelas Dwi pada pencanangan bulan Bhakti IBI dan bulan aksi PLKB tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rabu (24/1/2018) di Lingkungan Nelayan 1 Sungailiat.

Begitu juga diakuinya angka kematian bayi termasuk gizi buruk di Indonesia masih cukup tinggi sebesar 30 persen, bahkan ada angka di daerah yang sampai 50 persen.

"Anak yang gizi buruk badannya kecil, otaknya juga kecil. Nanti jika sudah dewasa ia tidak berdaya ini akan jadi beban. Kalau anak 35 persen tidak berpendidikan luntang lantung bisa jadi masalah sosial," ungkap Dwi.

Untuk itu ia juga mengingatkan agar para ibu bisa menjarangkan kelahiran anak paling tidak di at as tiga tahun.

Dia juga menilai pentingnya 1.000 hari tahap kehidupan anak dimana perkembangan otak pada tahap pertama kehidupan, setelah itu tidak ada lagi sehingga perlunya orang tua memberikan asupan yang bergizi kepada anak.(*)

Penulis: nurhayati Editor: zulkodri Sumber: bangkapos.com Ikuti kami di Pasien Cantik Nangis-nangis Diduga Dilecehkan Pegawai RS, "Ngaku Apa yang Kamu Perbuat" Sumber: Google News | Berita 24 Babel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »