www.AlvinAdam.com

Berita 24 Bangka Belitung

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Menuju Cakupan Semesta Program JKN-KIS di Provinsi Kepulauan ...

Posted by On 19.47

Menuju Cakupan Semesta Program JKN-KIS di Provinsi Kepulauan ...

Menuju Cakupan Semesta Program JKN-KIS di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

BPJS Kesehatan ditugaskan untuk menye­lenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menuju Cakupan Semesta Program JKN-KIS di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

PANGKALPINANG, BANGKA POS - BPJS Kesehatan sebagai Badan Penye­lenggara Jaminan Sosial Ke­sehatan berdasarkan UU Republik Indonesia No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang ditugaskan untuk menye­lenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia.

Berdasarkan Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Kep. Bangka Belitung semester I Tahun 2017, jumlah p enduduk Provinsi Kep. Bangka Belitung sebesar 1.321.117 jiwa dan dari jumlah tersebut tercatat sampai dengan 30 November 2017 sebanyak 899.629 jiwa atau sebesar 68,10 persen yang telah menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan terdapat 421.488 jiwa atau sekitar 31,9% masyarakat Babel yang belum ikut serta dalam Program JKN-KIS.

Sedangkan Pe­ra­turan Presiden Nomor 111 Tahun 2013 tetang Jaminan Kesehatan menyatakan paling lambat 1 Januari 2019 seluruh penduduk Indonesia telah menjadi peserta Program JKN-KIS, “ujar dr. Syaiful, AAK Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang”.

Kepesertaan Program JKN-KIS terbagi menjadi 2 yaitu PBI (Penerima Bantuan Iuran ) dan Non PBI, jumlah masyarakat yang terdaftar sebagai peserta PBI di Provinsi Kep. Bangka Belitung sampai dengan 30 November 2017 yaitu 216.970 jiwa PBI APBN dan 201.151 jiwa PBI APBD atau 46,48% dari jumlah peserta JKN-KIS se-Provinsi Kep Bangka Belitung sedang­kan u ntuk kelompok Non- PBI yaitu Pekerja Penerima Upah (PPU) 233.854 (25,99%), Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) 228.029 (25,35%) dan Bukan Pekerja (BP) 19.625 (2,18) dari total peserta JKN-KIS se Propinsi Kep. Bangka Belitung.

Namun demikian dari 228.029 jiwa masyarakat di Provinsi Kep. Bangka Belitung yang melakukan pendaftaran sebagai peserta mandiri (PBPU) terdapat 85.162 jiwa yang menunggak iuran JKN-KIS sehingga kartu JKN-KIS status non aktif dan tidak bisa digunakan oleh peserta jika akan mendapatkan pela­yanan kesehatan yang dibutuhkan baik di FKTP dan FKRTL.

Untuk itu dalam meningkatkan ca­kupan kepesertaan JKN-KIS di Provinsi Kep Bangka Belitung sepanjang Tahun 2017 banyak hal yang telah di lakukan oleh BPJS Kesehatan dan Peme­rintah Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kep. Bangka Belitung melalui perluasan kanal-kanal pendaftaran atau penambahan titik Point Of Service (POS) yang anggap sebagai daerah yang tingkat kepesertaan JKN-KIS masih rendah.

Adapun ka nal-kanal pendaftaran yang tersebar se- Propinsi Kep. Bangka Belitung meliputi 23 Kantor Kecamatan, 21 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), 44 Payment Point Online Bank (PPOB), 1 Lippo Group (Hypermart) dan BTC Mall.

BPJS Keseha­tan juga melakukan inovasi dalam rekrutmen peserta melalui ke­giatan Mobil Customer Care dimana melihat kondisi letak geografis masyarakat untuk mengakses Kantor BPJS Kesehatan cukup jauh sehingga untuk mengatasi hal tersebut BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten melalui pemerintah desa membuka kanal pendaftaran mobil care dimana kegiatan tersebut dimulai pada Bulan April 2017 dan sampai dengan akhir November 2017 telah tercatat sebanyak 19.727 jiwa yang melakukan pendaftaran.

Dari angkat tersebut Kabupaten tertinggi untuk partisipasi masyarakat yang melakukan pendaftaran terdapat di Kabupaten Bangka Tengah sebesar 7. 560 jiwa.

Selain kemudahan pendaftaran di atas dalam melakukan pendaftaran, masyarakat penggun a android juga dimudahkan dalam melakukan pendaftaran menjadi peserta JKN-KIS kelompok PBPU, pengecekan tagihan, pindah FKTP, penga­duan dan mendapatkan informasi terbaru tentang JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN atau masyarakat dapat menghubungi Call Center BPJS Ke­sehatan 1500-400 untuk melakukan pendaftaran. Untuk kemudahan-kemudahan tersebut masyarakat cu­kup mengunduh aplikasi Mobile JKN di playstore atau telepon dan dapat kenyamanan dalam memperoleh informasi seputaran JKN-KIS, dan untuk masyarakat yang melakukan pendaftaran melalui Point Of Service (POS), Mobile JKN maupun 1-500-400 maka kartu JKN-KIS akan dikirimkan langsung oleh BPJS Kesehatan ke alamat rumah peserta.

Disisi lain pemahaman masyarakat tentang program JKN-KIS yang ha­nya berguna ketika sakit saja banyak berkembang dimasyarakat, tetapi perlu juga diketahui bahwa dalam program JKN-KIS ini terdapat program Promotif dan Preventif se­perti skrining keseha­tan, pemeriksaan IVA dan Pap Smear serta sen am sehat yang berguna untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat selain itu juga BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang saat ini bekerja sama dengan merchant untuk memberikan potongan harga spesial bagi peserta Program JKN-KIS, yaitu poto­ngan harga saat berbelanja di Outlet Zoya sebesar 15% dan potongan harga sebesar 10% menggunakan jasa ekspedisi barang melalui JNE dengan menunjukan Kartu JKN-KIS yang masih aktif.

Selain itu juga untuk meningkatkan partisipasi publik dalam menyukseskan Program Strategis Nasional JKN-KIS, BPJS Ke­sehatan pada tahun 2017 meluncurkan program Donasi dimana dalam program tersebut baik individu maupun Corporate (Badan Usaha/ Perusahaan) dapat memberikan donasi kepada masyarakat yang tidak mampu diluar kepesertaan PBI APBN maupun APBD melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR).

Untuk program Donasi di Propinsi Kep Bangka Belitung sendiri dimulai oleh Ibu Melati Erzaldi yang secara individu memberikan donasi kepada para poter bes erta keluarga Bandara Depati Amir Pangkalpinang pada bulan Agustus 2017 yang lalu kemudian diikuti oleh Optik Internasional Pangkalpinang yang memberikan donasi kepada 100 orang anak panti asuhan di Kota Pangkalpi­nang, Kab Bangka dan Bangka Tengah serta Donasi dari Pegawai BPJS Kesehatan kepada rumah tahfidz Quran Yayasan Darul Adzkar Pangkalpi­nang.

Masih tersisa waktu 13 bulan atau 373 hari menuju Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Semesta Program JKN-KIS sebagaimana yang diamanatkan oleh UU oleh karena itu untuk mengerjakan tugas yang besar ini BPJS Kesehatan mengharapkan dukungan dari Peme­rintah Daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta seluruh elemen masyarakat untuk dapat mening­katkan ke­sadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki Jaminan Ke­sehatan JKN-KIS seperti ungkapan brand ambassador BPJS Ke­sehatan Ade Rai “Sehat Itu Mudah dan Murah Ketika Ada, Namun Akan Menjadi Sulit dan Mahal Ketika Sehat Itu Pergi.

“De­ngan Gotong Royong Semua Tertolong BPJS Kesehatan Untuk JKN KIS yang berkualitas dan berkesinambu­ngan”. (adv/n7/may)

Editor: fitriadi Sumber: bangkapos Ikuti kami di Pria Catat Isi SMS Selingkuhan Istri dari HP Senter di Kertas lalu ke Polisi sambil Gendong Anak Sumber: Google News | Berita 24 Babel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »