www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Dinas Pendidikan Bangka Barat Gelar Seminar Pendidikan dan ...

Posted by On 05.27

Dinas Pendidikan Bangka Barat Gelar Seminar Pendidikan dan ...

Dinas Pendidikan Bangka Barat Gelar Seminar Pendidikan dan Launching Program Unggulan

Wakil Bupati Markus mengatakan tenaga pendidik berperan strategis mensukseskan pendidikan karakter generasi muda.

Dinas Pendidikan Bangka Barat Gelar Seminar Pendidikan dan Launching Program UnggulanBangka Pos

BANGKA POS, MUNTOK - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat menggelar Seminar Pendidikan bertempat di Gedung Graha Aparatur Pemkab Babar, Kamis (21/12) .

Seminar bertema “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Peningkatan Peran Pendidik Mewujudkan Bangka Barat Hebat Menuju Generasi Emas Indonesia” ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bangka Barat, M arkus SH, Perwakilan Kapolres Bangka Barat, Perwakilan Kajari Bangka Barat, Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Bangka Barat, Kepala OPD Pemkab Bangka Barat, perwakilan PKK Bangka Barat, Ketua Dharma Wanita Persatuan Bangka Barat, dan tenaga pendidik se-Kabupa­ten Bangka Barat.

Beberapa narasumber dihadirkan dalam seminar di antaranya Kombespol Dr H Zaidan, SH, M.Hum yang menyampaikan materi tentang Pengelolaan Pendidikan Dalam Perspektif Hukum dan Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI James Modouw yang didampingi Ketua LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Enang Ahmadi, M.Pd.

Wabup dalam sambutannya mengatakan tenaga pendidik berperan strategis mensukseskan pendidikan karakter generasi muda.

“Pendidikan karakter penting agar tercipta keharmonisan dari olah hati, olah rasa, olah pikir dan olahraga. Untuk itu, kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat harus selalu digalakkan untuk mengobarkan gerakan nasional re­volusi mental,” kata Wabup.

Sebagai penutup sambutan Wabup menyampaikan terimakasih kepada guru-guru di Bangka Barat khususnya yang telah bekerja keras mencerdaskan generasi muda. Tak lupa beliau menyampaikan kepada seluruh tamu undangan dan peserta seminar agar tidak melupakan jasa guru dan selalu jaga silaturahmi.

Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI James Modouw dalam wawancara memberikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif ini karena telah menampilkan bagaimana sekolah-sekolah yang ada di Bangka Barat seperti keunggulan lokalnya, karena ini yang sedang dicanangkan untuk mendorong kemajuan seluruh sekolah di Indonesia

“Saya lihat disini ada ber­bagai keunggulan di antaranya sekolah dengan keunggulan sejarah, budaya dan ekonomi kreatifnya. Semoga ini dapat terus dipertahankan karena sesungguhnya inilah proses pendidikan yang baik dan benar bagi anak-anak. Saya sangat mendukung usaha ke pala dinas, kepala sekolah dan guru agar lebih berkembang lagi dan kami akan terus mendampingi bersama pemerintah daerah,” kata James.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Drs Ismantho mengatakan di Bangka Barat memiliki lima program unggulan Program Gerakan Kembali Sekolah (Yo Kite Sekolah) sangat penting sekali karena di kecamatan tertentu angka dropout masih banyak ditemukan.

Program ini juga memiliki indikator pendukung yaitu program Indonesia pintar, pengadaan baju seragam anak berjumlah 7.600 yang sudah dimulai tahun 2017, pengadaan sarana bus sekolah.

Sama halnya dengan Program Hari Belajar Guru yang bertujuan guru harus memiliki kompetensi yang bagus dengan belajar kembali yang dilaksanakan satu kali dalam seminggu.

Gerakan Supervisi Guru ini bersifat menyeluruh yang memiliki motto “Supervisi Kuat Siswa Hebat” yang digerakkan untuk men­cari benang merah dimana letak permasalahan guru dalam mengajar dan siswa dalam menerima pela jaran.

Selanjutnya memiliki Gerakan Alumni Berbakti untuk menghimpun para alumni agar bisa membangun sekolah mereka kembali, Sekolah Model ada 16 sekolah, Sekolah Rujukan ada 3 sekolah, Sekolah Garis Depan ada 2 sekolah, Sekolah Sehat ada 2 sekolah, Sekolah Budaya Mutu dan Sekolah Penguatan Pendidikan Karakter.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Sudarni, S.Pd menambahkan, seminar pendidikan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya di lembaga pendidikan masing-masing. Peserta seminar berjumlah 360 orang yang terdiri dari 60 peserta per kecamatan, yaitu Kecamatan Muntok, Simpang Teritip, Jebus, Parittiga, Tempilang dan Kelapa.

Launching Program “Kembali Sekolah” ditandai dengan penyerahan Kartu Indonesia Pintar, seragam kepada siswa SD dan SMP dan penyerahan 1 unit bus sekolah kepada SMP Negeri 1 Simpang Teritip oleh Wabup Markus didampingi Staf Ahli Kemendikbud RI yang kemudian berkunjung ke stand pameran program unggulan setiap sekolah. (advertorial/may)

Editor: fitriadi Sumber: bangkapos Ikuti kami di Siram Air Kencing ke Karpet Masjid, Seorang Pria Diamuk Warga, Ternyata Ini yang Dialaminya Sumber: Google News | Berita 24 Babel

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »