Menengok Kampung 'Terompet' di Cirebon Jelang Tahun Baru

Menengok Kampung 'Terompet' di Cirebon Jelang Tahun Baru Selasa 14 November 2017, 14:08 WIB Menengok Kampung 'Terompet' d...

Menengok Kampung 'Terompet' di Cirebon Jelang Tahun Baru

Selasa 14 November 2017, 14:08 WIB Menengok Kampung 'Terompet' di Cirebon Jelang Tahun Baru Sudirman Wamad - detikNews Menengok Kampung Terompet di Cirebon Jelang Tahun BaruWarga Kampung Tegalan Cirebon saat ini sibuk membuat terompet untuk perayaan menyambut tahun baru. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom) Kabupaten Cirebon - Pedagang terompet biasanya mulai menjamur jelang pergantian tahun. Di Cirebon ada salah satu kampung yang memproduksi terompet untuk menyambut malam tahun baru.
Namanya Kampung Tegalan. Kampung ini masuk wilayah Desa Jamblang, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Hampir setiap rumah di kampung tersebut memproduksi ter ompet tahun baru. Sepanjang jalan utama kampung tersebut dihiasi aneka warna dan model terompet yang digantung di depan rumah para perajin.
Seperti yang dilakukan Mulyono, salah seorang perajin terompet tahun baru. Mulyono mengatakan warga Kampung Tegalan mulai disibukkan dengan pembuatan kerangka terompet sejak awal tahun.
"Bulan Februari itu kita mulai sibuk membuat kerangka terompet. Bahannya dari kertas poster. Pembuatan kerangka ini dari Februari hingga Oktober," kata Mulyono saat ditemui detikcom di kediamannya, Selasa (14/11/2017).
Pasca pembuatan kerangka terompet, sambungnya, di bulan November ini para perajin terompet mulai sibuk membuat model atau perakitan dan finishing. Perajin terompet sengaja memulai produksi sejak awal tahun demi mengantisipasi membeludaknya penjualan terompet jelang pergantian tahun.
Menengok Kampung 'Terompet' di Cirebon Jelang Tahun BaruDI Kampung Tegalan ini banyak warganya memproduksi terompet. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
"Sekarang kan tinggal merakitnya saja terus tinggal jual, karena kerangka sudah jadi. Membuat kerangka itu butuh waktu, karena ada proses pengeleman jadi harus dijemur dulu," tutur Mulyono sembari merakit terompet.
Mulyono memproduksi aneka ragam model terompet, seperti bentuk naga, reog, kupu-kupu, kuda, gitar, dan lainnya. Diakui Mulyono, terompet model naga paling banyak diminati. Mulyono memanfaatkan limbah karet dari produksi sandal untuk membuat model terompet.
Lebih lanjut, Mulyono mengaku peminat terompet buatannya tak hanya di Pulau Jawa. Tahun ini terompet buatannya didistribusikan juga ke Papua, Kalimantan, Bangka Belitung, dan lainnya.
"Minggu kemarin ada yang dari Papua. Kalau Papua biasanya model reog, selain Papua kita juga sudah kirim ke Jakarta," ucapnya.
Dibandingkan dengan tahun lalu, diakui Mulyono pada tahun ini ada peningkatan jumlah produksi terompet. Tahun ini dirinya memproduksi terompet sekitar 14.000 terompet. "Rata-rata per rumah itu produksinya dari 6.000 sampai 14.000 terompet. Tahun sekarang kita mulai membuat sejak bulan Februari, tahun kemarin sih sejak bulan Juni," ucapnya.
Menengok Kampung 'Terompet' di Cirebon Jelang Tahun BaruAneka model terompet produksi warga Kampung Tegalan Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Mulyono mengaku sejak 2003 mulai memproduksi terompet tahun baru. Ia berharap peminat terompet tahun baru terus mengalami peningkatan.
Perajin lainnya, Dedi Riyanto, menyebut tahun ini telah memproduksi tujuh ribu terompet. Ia mendistribusikan juga ke luar Jawa.
&qu ot;Dua ribu terompet saya kirim ke Kalimantan dan Papua. Biasanya mereka mengambil dari rumah-rumah para perajin. Ada bosnya yang ke sini," kata Dedi.
Tahun ini lebih banyak model terompet karena untuk meningkatkan minat para pembeli. Produksi dan pesanan, sambung Dedi, mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya.
"Naik sekitar seribu hingga dua ribu terompet. Alhamdulillah, semoga saja terus naik peminatnya. Sekarang ada model baru, reog sama barongsai," ucap Dedi.
(bbn/bbn)Sumber: Google News | Berita 24 Babel

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,45,
ltr
item
Berita 24 Kepulauan Bangka Belitung: Menengok Kampung 'Terompet' di Cirebon Jelang Tahun Baru
Menengok Kampung 'Terompet' di Cirebon Jelang Tahun Baru
https://awsimages.detik.net.id//community/media/visual/2017/11/14/024101cf-ba3d-4bf6-b6cf-ba7ec96c7123.jpg?w=780&q=90
Berita 24 Kepulauan Bangka Belitung
http://www.babel.berita24.com/2017/11/menengok-kampung-terompet-di-cirebon.html
http://www.babel.berita24.com/
http://www.babel.berita24.com/
http://www.babel.berita24.com/2017/11/menengok-kampung-terompet-di-cirebon.html
true
5745722974085062837
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy