Rusia Bakal Batasi Media AS Beroperasi

Rusia Bakal Batasi Media AS Beroperasi Rusia Bakal Batasi Media AS Beroperasi Langkah ini sebagai balasan atas apa yang Moskow sebut seba...

Rusia Bakal Batasi Media AS Beroperasi

Rusia Bakal Batasi Media AS Beroperasi

Langkah ini sebagai balasan atas apa yang Moskow sebut sebagai tekanan AS pada stasiun TV yang didukung Kremlin.

Rusia Bakal Batasi Media AS BeroperasiIndependent/GettyPresiden Rusia Vladimir Putin

POSBELITUNG.COM, MOSCOW - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia pada Minggu (8/10/2017) mengatakan, pihaknya akan menggunakan haknya untuk membatasi operasi organisasi media Amerika Serikat (AS) di Rusia.

Langkah ini sebagai balasan atas apa yang Moskow sebut sebagai tekanan AS pada stasiun TV yang didukung Kremlin.

Melansir CNBC, pejabat Rusia menuduh Washington melakukan tekanan yang tidak beralasan terhadap operasi RT, stasiun tele visi yang didanai Kremlin karena dituduh Washington mencampuri politik dalam negeri AS. Hal ini sebelumnya sudah disangkal oleh RT.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengatakan bahwa otoritas AS menekan operasional RT di AS, dan Moskow memiliki hak untuk merespons.

"Kami tidak pernah menggunakan hukum Rusia sehubungan dengan koresponden asing untuk menekan, atau penyensoran, atau semacam pengaruh politik, tidak pernah. Namun, ini adalah kasus khusus," kata Zakharova dalam sebuah wawancara dengan penyiar NTV Rusia.

Dia mengutip hukum Rusia tahun 1991 yang menyatakan bahwa jika outket media Rusia menjadi subjek pelarangan di negara asing, maka Moscow memiliki hak untuk memberlakukan pelarangan serupa pada outlet media dari negara terkait yang beroperasi di Rusia.

"Sejalan dengan itu, semua jurnalis Rusia dan stasiun RT tunduk pada peraturan AS, setelah kami memenuhi syarat sebagai pembatasan aktivitas mereka, kami da pat menerapkan tindakan serupa kepada wartawan Amerika, media Amerika di sini, di wilayah Rusia," kata Zakharova.

Sayangnya, dia tidak mengidentifikasi media AS yang ditargetkan. Zakharova mengatakan, tidak ada bedanya dari sudut pandang pemerintah Rusia jika outlet media tersebut didanai oleh AS atau didanai pihak swasta.

Asal tahu saja, pada akhir bulan lalu, regulator komunikasi Rusia menuduh saluran TV AS, CNN International, telah melanggar izin penyiaran di Rusia. Pemerintah Rusia bahkan telah memanggil perwakilan penyiar sehubungan dengan masalah tersebut.

Tidak dijelaskan lebih jauh, pelanggaran apa yang telah dilakukan stasiun TV tersebut. Pihak regulator hanya bilang bahwa pelanggaran tersebut hanyalah masalah teknis dan membantah adanya aksi politik yang terlibat.

Sebelumnya, pejabat intelijen AS, dalam laporannya pada Januari tahun ini menyatakan bahwa RT merupakan mesin propaganda milik pemerintah Rusia yang mendukung kampanye Kremlin un tuk mempengaruhi politik AS.

Rusia membantah tuduhan tersebut. Mereka bilang, kekuatan politik di AS mencambuk histeria tentang pengaruh Rusia untuk mendiskreditkan Presiden Donald Trump.

SUMBER : CNBC
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

Editor: edy yusmanto Sumber: Tribunnews.com Ikuti kami di Heboh Video Penampakan Makhluk Misterius Mirip Putri Duyung, Saksi Mata sampai Gemetar saat Merekam Sumber: Tribun Belitung

COMMENTS

Nama

Lokal,45,
ltr
item
Berita 24 Kepulauan Bangka Belitung: Rusia Bakal Batasi Media AS Beroperasi
Rusia Bakal Batasi Media AS Beroperasi
http://cdn2.tstatic.net/belitung/foto/bank/images/presiden-rusia-vladimir-putin_20171011_132029.jpg
Berita 24 Kepulauan Bangka Belitung
http://www.babel.berita24.com/2017/10/rusia-bakal-batasi-media-as-beroperasi.html
http://www.babel.berita24.com/
http://www.babel.berita24.com/
http://www.babel.berita24.com/2017/10/rusia-bakal-batasi-media-as-beroperasi.html
true
5745722974085062837
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy